Negeriads.com

Senin, 05 April 2010

Tutup Akses Pengaturan Screen Saver

Untuk mengamankan pekerjaan yang sedang kita lakukan, kadang-kadang kita mempercayakan fitur password yang terpasang pada screen saver. Tetapi apakah anda sepenuhnya percaya bahwa pekerjaan anda seratus persen akan aman dari tangan-tangan jahil sang dalang??
Mungkin saja ada diantara anda yang pernah mengalami (tidak peduli bagaimana perasaan anda saat itu!), ketika anda kembali dan mengetikkan password yang benar untuk memulai pekerjaan lagi, tetapi anda ternyata sudah berada di desktop windows tanpa ditanyai password (LOH?). Kejadian tersebut mungkin saja disebabkan tangan-tangan jahil yang mematikan opsi [On resume, display logon screen] dari jendela opsi screensaver.
Nah…..agar kejadian semacam itu tidak terjadi,,terutama anda yang belum pernah mengalaminya (lain cerita jika anda berharap!!^), saya punya solusinya, silahkan di “pirit” dulu langkah di bawah ini,
1. Aktifkan screensaver secepat mungkin, misalnya 1 menit
2. Gunakan password yang tidak mudah ditebak sang “dalang” tangan jahil, he he he…
3. Hilangkan fitur [Screen Saver] di jendela personalisasi desktop dengan cara berikut ini.
a. Ketikkan regedit dari menu start, dan tekan [ENTER],(perlu diperhatikan : kekuatan tekanan tidak mempengaruhi kegiatan ini).
b. Carilah subkey HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, dan buatlah sebuah data DWORD bernama NoDispScrSavPage. Caranya, klik kanan mouse pada bagian kanan jendela Registry Editor kemudian pilih [New]>[DWORD(32 bit) Value] dan isikan nilainya dengan 1. Nantinya, untuk mengembalikan pengaturan, Anda dapat mengganti nilai 1 menjadi 0, atau hapus sekalian jikalau yang bersangkutan ga mau ribet,,
c. Tekan [OK] da tutup jendela registry Editor.

Sekarang coba masuklah ke jendela personalisasi desktop anda. Setelah itu klik [Screen Saver]. Dijamin (sejamin-jaminya mang jamin)menu itu tidak bisa di akses dengan alasan pengaturan dari administrator.

Demi keamanan, sangat disarankan bagi anda untuk menyembunyikan regedit, atau mengubah namanya agar tidak ada “dalang” bertangan jahil yang berusaha menghapus proteksi yang anda buat, bagaimana caranya???

Ahh, , , , ,

Mungkin itu saya ceritakan di lain waktu saja…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar